Header Ads

Seo Services

Wajah Generasi Milenial NU dalam Makesta di Ponpes Al-halim Garut


 Generasi milenial yang bermutu merupakan kalangan manusia yang dalam mengisi masa mudanya dengan tempaan, gemblengan , terbentuk dan terkader menjadi manusia yang  militan dalam segi keilmuan, wawasan dan ahlak mampu bersaing dengan karya dan mengimbangi peradaban zaman. Ikatan Pelajar Nahdlatul ‘Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ‘Ulama dalam hal ini sebagai organisasi yang mewadahi pelajar dan santri NU selalu mengupayakan fungsi dan tujuan organisasinya dengan tetap menjalankan proses kaderisasi sebagai wujud organisasi yang progresif.

  Dari latar belakang itulah kaderisasi formal tingkat awal yakni Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dilaksanakan di Pimpinan Komisariat Alhalim Garut. Makesta kali ini lebih mengarah pada penanaman nilai-nilai ke aswajaan yang lebih cenderung menanamkan keistqamahan dalam ber-Aqidah dan ber –Jam’iyyah. Sesuai dengan pepatah Pimpinan pondok pesantren Al-halim, kegiatan ini diharuskan terutama bagi kelas 3 SMK dan kelas 3 SMP yang besar kemungkinan akan merasakan dan menyentuh langsung dengan dunia luar setelah usai mondok, dengan harapan agar terbentengi dan tidak mudah di pengaruhi atau terkontaminasi oleh paham atau aliran yang tidak jelas yang semakin marak terjadi diluar sana.

  Selama tiga hari selain materi pokok, para peserta dibekali juga materi tambahan seperti Kesehatan, Study Gender, P4GN (Narkoba) dan Study UUD IT. Peserta pun diberikan pemahaman mengenai aliran radikalisme agar peserta makesta lebih hati-hati dan waspada dengan aliran yang bisa saja datang dengan mudah mempengaruhi pikiran mereka. Nah, dengan begitu diharapkan kepada para peserta yang telah mengikuti makesta mampu memegang teguh aqidah Ahlisunnah waljamaah annahdiyyah dimanapun mereka berada dan memberikan warna baru dikehidupan sehari hari dengan mengamalkan nilai kesatuan dan persatuan yang dikedepankan oleh wajah islam ‘ala Nahdlatul ‘Ulama yakni Islam yang ramah, toleran, moderat, dan berkeadilan.




Tidak ada komentar:


Diberdayakan oleh Blogger.