Header Ads

Seo Services

Kenali Dirimu Lebih Dalam

"Kenapa sih kita harus mengenali diri kita lebih dalam?"
"Karena setiap manusia itu memiliki karakter yang berbeda-beda. Di dunia ini tidak ada manusia yang diciptakan 100% sama, Subhanalloh. Pasti ada perbedaanya, meskipun dia kembar identik."
Sebagai contoh, ketika bertemu dengan kembar identik, pasti kita dapat menemukan perbedaan pada sifat, selera pakaian, hobi, bahkan kemampuan akademis. Artinya, tidak ada satu manusia pun yang benar-benar memiliki persamaan dengan manusia lainnya secara keseluruhan. Inilah keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT.

"Hanya robot yang dibuat secara masal dan sama persis"

Berusahalah untuk jadi dirimu sendiri, tidak perlu berusaha menjadi karakter orang lain. Terinspirasi dengan tokoh idola tentu boleh, tetapi jangan sampai menghilangkan identitas atau karakter yang sebenarnya dari diri kamu.

Saat ini banyak sekali buku/artikel yang membahas mengenai profil kepribadian yang dapat kamu pelajari sendiri. Tapi sahabat IPNU semua disini kami bukan bermaksud mengajarkan untuk menghilangkan karakter aslimu. Buku/artikel yang pada umumnya ada disebarluaskan di internet atau toko-toko buku akan membantu kamu untuk menemukan karakter yang kamu miliki, misalnya kamu memiliki sifat dasar koleris, sanguinis, melankolis atau plegmatis atau Geulis (upss bahasa sunda uy :D hehe). Melalui buku/artikel yang membahas mengenai kepribadian, kamu dapat mengetahui karakter apa yang kamu miliki.
 
Yapss.... penting buanget. pernahkah kamu mendengar filosofi strategi perang Sun Tzu yang isinya kurang lebih seperti ini.

"Kenali dirimu sendiri dan kenalilah lawanmu dengan baik. Seratus kali perang, seratus kali menang".

Masalah yang sering terjadi adalah terkadang kita belum sepenuhnya mengerti dan mengenal diri sendiri. Sobat IPNU semua..., ingat tidak saat disekolah kita pernah mengikuti psikotes atau tes potensi minat dan bakat??? pada dasarnya tes tersebut diadakan agar kita mengetahui bidang apa yang kita sukai. Selain itu, kita juga pasti pernah mengikuti test IQ atau tes Intelegensia. Coba kamu ingat-ingat, berapa besar IQ-mu? Apakah kamu termasuk kategori kurang cerdas, sedang, cerdas atau bahkan sangat cerdas??

Saat ini yang menjadi pertanyaan adalah "Apakah dengan IQ tinggi hidup kamu akan sukses atau sebaliknya?"

Sepertinya bukan jaminan juga ya sob!

Untuk membuktikannya, mari kita simak cerita singkat berikut ini (Siapkan cemilan naha gehu atau bala-bala):

MESIN VS KUDA

Sebuah pabrik yang ada dinegara "pizza" akan melakukan perakitan sebuah mobil. Kamu pasti tahu mobil mewah dengan logo ini dengan tenaga yang besar dan sangat powerfull dari negara "pizza". Mobil ini sangat special dan sengaja tidak dibuat massal. jika sudah ada pesanan barulah mobil ini disiapkan. Dan yang pasti, harganya juga "powerfull" banget atau selangit.

Semua komponen yang membentuk mobil ini dikumpulkan disebuah gudang sebelum proses prakitan dimulai. Ada lebih dari seribu komponen yang dikumpulkan, tidak bisa dibayangkan jika ada satu saja komponen yang tidak hadir di gudang.

Dasi sekian komponen yang ada digudang ada satu komponen yang merasa dirinyalah yang paling penting dibandingkan dengan komponen lainnya, komponen tersebut adalah MESIN. Mesin berkata,"Hei kalian semua, kalian harusnya senang aku berada disini bersama kalian, tanpa kehadiranku mobil ini tidak bisa melaju dengan cepat. Aku yang menjadi inti dari mobil ini, kalian semua tidak ada apa-apanya." Komponen lain hanya diam mendengar mesin yang tanpa henti mengoceh dan membanggakan dirinya sendiri.

Suatu saat terjadilah cekcok antara mesin dan salah satu komponen lainnya, yaitu EMBLEM KUDA (selanjutnya akan dipanggil kuda saja).

Si mesin menyindir Kuda, "Hei Kuda... gambarmu boleh kuda, tetapi kamu tidak memberi manfaat apa-apa. kerjamu hanya nongkrong didepan kap mesin. Sama sekali tidak mewakili jiwa seorang kuda yang lincah dan cepat. Kalau hanya diam saja didepan kap, ada atau tanpa ada kamu, mobil ini tetap bisa berjalan. Kamu tidak ada gunanya".

Kuda pun menjawab,"Aku kan hanya menjalankan perintah, ya sudah aku hanya mengikutinya saja".

Tak lama kemudian si mesin kembali berulah, dia kembali menjahili si Kuda. Dengan perawakan yang besar dan keras, si mesin menghampiri si kuda yang jauh lebih kecil, kemudian si mesin berkata,"Seharunya kamu bergabung dengan pion catur, sepertinya akan lebih berguna dari pada disini hahaha".

Karena perlakuan si Mesin yang sangat menyebalkan, akhirnya si Kuda pun memutuskan untuk pergi meninggalkan komponen-komponen lain yang ada digudang perakitan tersebut.

Hari perakitan pun tiba, semua komponen berkumpul dan satu persatu menunggu giliran untuk disatukan menjadi sebuah mobil yang utuh. Mulai dari sasis dan rangka mobil, kemudian disusul dengan bagian lainnya, proses perakitan ini berjalan dengan lancar.

Sampai akhirnya mobil selesai dirakit dan tinggal dilakukan pemasangan kuda, tetapi tim perakit langsung terkejut karena ternyata kuda tidak ditemukan. Ternyata yang pergi dari pabrik perakitan bukan hanya satu kuda tetapi semua kuda.

"Wah!!!!! celaka si Kuda Hilang..." kata seorang perakit.

Mungkin bahasa "jerman"-Nya si kuda sedang AMBEUK. Alasan Kuda meninggalkan pabrik dia merasa harga dirinya sudah diinjak-injak oleh si mesin.

Deadline pun telah tiba, si kuda tak kunjung kembali dan emblem pun tak terpasang di mobil yang sudah dirakit. Hingga akhirnya calon pembeli datang. Calon pembeli terkejut karena di mobilnya tidak terpasang emblem kuda seperti mobil-mobil lain yang biasanya diproduksi oleh pabrik tersebut. Melihat hal tersebut, akhirnya calon pembeli batal membeli mobil tersebut. Walaupun segala bentuk rayuan sudah diberikan untuk meyakinkan bahwa mobil ini tetap mewah dan bertenaga tanpa emblem kuda tersebut, tetapi apa boleh buat, pembelian pun tetap tidak terlaksana dan calon pembeli lebih memilih membeli mobil sejenis dari negara lain.

Atas kejadian ini tim perakit meneliti kenapa semua emblem kuda bisa menghilang dan setelah ditelusuri penyebab hilangnya si Kuda tersebut adalah akibat perlakuan si Mesin yang terlalu sombong. Sadar atas perilaku buruknya, Akhirnya si Mesin meminta maaf kepada seluruh rekan-rekannya dan simesin berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Sejak kejadian itu si Mesin menjadi sosok yang lebih menghargai keberadaan rekan-rekannya.

Dan pabrik perakitan pun menjadi lebih tentram, aman, nyaman dan damai Hueheheheheh!!!

Dari cerita singkat tadi, kamu pasti sudah bisa menebak arah pembicaraan dan makna yang dapat diambil dari cerita tersebut. Jangankan emblem kuda jika kamu punya mobil sangat mewah, tetapi kabel gasnya rusak, apakah mobil itu dapat dikendarai dijalanan?? Sudah pasti mobil mewah kamu itu tidak bisa digunakan. Harga kabel gasnya memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan harga mobil mewah tersebut, tetapi elemen kecil ini akan sangat mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Makna sederhana yang dapat diambil dari cerita ini adalah tiap elemen memiliki tugas dan peran masing-masing, baik itu elemen kecil maupun besar. Agar kinerja secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik, sebaiknya laksanakan dengan baik apa yang menjadi tugasmu karena hal tersebut merupakan tanggung jawab yang dipercayakan kepadamu.

Setiap manusia diciptakan berbeda-beda, baik secara fisik, karakter, bakat, hingga kemampuan yang dimilinya. Mungkin salah satu alasan mengapa Tuhan menciptakan kita berbeda adalah agar kita dapat mengambil peran sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Tidak bisa dibayangkan jika semua orang keras kepala dan selalu mempertahankan kepentingannya masing-masing. Akan jadi apa hidup ini? atau, apa jadinya kalau semua orang punya karakter pendiam mungkin dunia ini akan sunyi senyap.

Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita menyaksikan sepakbola. Apakah kamu dapat membayangkan jika seluruh pemain berada di posisi penyerang? Tim sepak bola yang menempatkan seluruh pemainnya pada posisi penyerang pasti akan kalau walaupun para pemain tersebut adalah penyerang terbaik dunia. Kelebihan yang dimiliki seluruh pemain pada posisi penyerang tidak akan mampu menahan seranga lawan. Karena itulah pemain yang berada diposisi bertahan akan sangat dibutuhkan.

Perbedaan yang ada pada diri manusia dapat diibaratkan sebagai lukisan. Semakin banyak permainan warna pada lukisan tersebut, keindahan lukisan tersebut akan semakin bertambah.

Kalau kata anak muda zaman sekarang, "Perbedaan itu akan memberikan banyak keindahan".

Kira-kira sudahkan kamu menemukan warna dan karakter asli dari dirimu sendiri??

Untuk mempermudah menemukan karakter atau jati diri, langkah awal yang harus diperhatikan adalah PASSION dan TALENT yang kamu miliki. Wallohu'alam.. Semoga bermanfaat Sob. :D

Disadur dari Buku Aku Mau Jadi Apa? karya Rusydan Ubaidi Hamdani
Intip: zaturini

Tidak ada komentar:


Diberdayakan oleh Blogger.